Senin, 19 Januari 2009

Workshop Pengembangan KBK FIB-A 2005

Latar Belakang
Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dan IAIN Imam Bonjol khususnya sejak setahun yang lalu adalah gambaran dari keinginan untuk melakukan perubahan paradigma pendidikan tinggi ini kearah peningkatan kualitas lulusan. Masalah utama yang dihadapi PTAI pada waktu-waktu terakhir ialah masalah tipikal sebagai perguruan tinggi yang certificate oriented, too generale knowledge, tidak mengacu pada pemecahan masalah (problem solving), serta banyak masalah lainnya seperti sumber daya manusia, kemampuan manajerial dan sebagainya, yang semua itu dianggap menjadi penyebab rendahnya kualitas lulusan PTAI sendiri.
Adalah sangat disadari bahwa perubahan paradigma yang dicanangkan beberapa tahun terakhir ini, tidak serta merta dapat dipahami sebagai perubahan kurikulum an sich, namun lebih jauh menuntut upaya-upaya yang serius terhadap berbagai faktor yang terkait dengan proses akademis lainnya untuk dapat menghasilkan out put yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang jelas. Karena itu, seyogianya upaya peningkatan kualitas itu tidak hanya berhenti pada perubahan kurikulum semata, namun juga perubahan terhadap segenap komponen yang terkait dengan proses akademis serta keseriusan dari semua pihak yang terlibat dalam proses itu untuk meningkatkan professionalitas dan kinerja masing-masing.
Kurikulum yang menjadi salah satu komponen pembelajaran sangat ditentukan oleh tidak hanya keluasan dan kedalaman materi yang dimuatkan di dalamnya, akan tetapi juga ditentukan oleh bagaimana sebuah kurikulum itu diopera-sionalisasikan, sehingga program pembelajaran akan lebih bisa dijalankan secara terencana dan terukur. Karena itu, operasionalisasi kurikulum perlu dijabarkan ke dalam bentuk pengembangan sistem instruksional yang dirumuskan secara lebih terencana. Pengembangan itu meliputi antara lain : Syllabi, Garis Besar Program Pengajaran (GBPP), Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Modul dan sebagainya.
Fakultas Ilmu Budaya (Adab) beberapa waktu terakhir telah menghasilkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan telah dijalankan semenjak tahun akademi 2003/2004 yang lalu, namun, karena berbagai kendala, belum diikuti oleh pengembangan sistem instruksional matakuliah-matakuliah yang tercakup di dalamnya. Karena itu, perumusan pengembangan sistem instruksional itu, adalah merupakan suatu hal yang sangat perlu dan mendesak untuk segera dilakukan melalui sebuah workshop yang melibatkan semua pemegang matakuliah.
Nama Kegiatan :
“WORKSHOP KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DOSEN FAKULTAS ILMU BUDAYA (ADAB), IAIN IMAM BONJOL PADANG”
Tujuan :
Workshop KBK ini bertujuan untuk :
a. untuk merumuskan tujuan umum pembelajaran setiap program studi yang dibidangi oleh fakultas Ilmu Budaya (Adab).
b. untuk merumuskan tujuan pembelajaran (kompetensi) serta indikator-indikatornya pada setiap mata kuliah yang tercakup dalam KBK.
c. untuk merumuskan syllabi dan Garis-Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) setiap mata kuliah yang dapat memenuhi tuntutan kompetensi lulusan yang akan dihasilkan.
d. untuk menyamakan persepsi tenaga pengajar dalam mengoperasionalkan setiap mata kuliah untuk tujuan kompetensi matakuliah, bidang studi serta visi dan misi fakultas sendiri.
Target yang ingin dicapai :
Sesuai dengan tujuan workshop itu, maka target pelaksanaannya adalah :
a. setiap mata kuliah memiliki Syllabi dan GBPP yang dapat dijadikan acuan dan standar ukur dalam proses belajar-mengajar;
b. takultas dan Program Studi memiliki standar mutu lulusan;
c. tenaga pengajar memiliki acuan yang jelas terhadap mata kuliah yang diasuhnya serta tidak terjadi overlapping sub-bahasan di antara matakuliah-matakuliah yang disajikan untuk pencapaian tujuan kurikuler program studi dan fakultas.
Peserta :
Workshop ini akan diikuti l.k. 75 orang peserta, yang terdiri dari dosen penanggung jawab/pengasuh matakuliah setiap bidang studi, dosen-dosen yunior, dan dosen-dosen luar biasa.
Materi :
1. Paradigma KBK dan Implementasinya dalam Bidang-Bidang Studi PTAI
2. Pengembangan Sistem Instruksional KBK dan Analisis Bidang Kerja Lulusan.
3. Desain, Strategi, dan Sarana Pembelajaran
4. Pembuatan Syllaby, GBPP, SAP dan Modul
Narasumber/Fasilitator :
Narasumber dalam workshop ini terdiri dari pakar pendidikan, pakar bidang studi dan pihak user (instansi) pengguna lulusan.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan :
Workshop ini akan dilaksanakan pada fakultas Ilmu Budaya (Adab) IAIN Imam Bonjol Padang selama 6 (enam) hari, yaitu dari tanggal 8 s/d. 13 Agustus 2005, mulai jam 08.00 – 16.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar