Senin, 19 Januari 2009

Workshop Evaluasi KBK FIB-A 2007

Latar Belakang
Kurikulum merupakan substansi dan sequensi materi ajar yang diberikan kepada peserta didik. Keberadaan kurikulum dianggap paling esensial disamping tentunya kemampuan dan keterampilan tenaga pengajar serta kecukupan sarana dan prasarana pembelajaran. Sinergitas kurikulum, tenaga pengajar, dan sarana pembelajaran itu selalu sangat menentukan keberhasilan institusi pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang kualifaid dan memenuhi tuntutan masyarakat dan dunia kerja serta sesuai dengan tujuan institusi pendidikan tersebut.
Kurikulum dinilai efektif bilamana transformasi ilmu pengetahuan berjalan sesuai dengan sasaran yang diinginkan serta terpenuhinya tuntutan perkembangan masyarakat pengguna lulusan. Dari segi ini, suatu kurikulum haruslah tidak baku, namun dinamik dan mengikuti kemajuan keilmuan, difirensiasi dunia kerja serta perkembangan masyarakat pada umumnya.
Kurikulum yang saat ini digunakan oleh Fakultas Ilmu Budaya (Adab) adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum mana telah diberlakukan sejak tahun akademi 2003/2004. Semua mata kuliah yang tertuang dalam KBK itu juga sudah dilakukan pengembangan instruksionalnya ke dalam bentuk Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP). Akan tetapi, sejauh ini, belum dilakukan evaluasi baik terhadap KBK maupun pengembangan instruksionalnya ; yaitu sejauhmana kurikulum dan GBPP itu efektif untuk pencapaian tujuan dan sasaran pembelajaran pada setiap jurusan yang ada.
Oleh karena itu kurikulum dan GBPP, yang hingga saat ini telah menghasilkan satu angkatan lulusan, dirasa perlu untuk dilakukan evaluasi secara lebih mendalam sekaligus penyempurnaannya, baik dari aspek substansi yang dikandungnya, sekuensi penyajian, keluasan tematik, maupun kedalamannya sesuai dengan kepentingan masing-masing mata kuliah untuk pencapaian tujuan pembelajaran.
Untuk melakukan evaluasi dan penyempurnaan kurikulum dimaksud akan dilak-sanakan dalam satu kegiatan seminar yang akan melibatkan semua dosen pemegang mata kuliah serta pihak lain yang dianggap dapat memberikan kontribusi bagi tujuan workshop dimaksud.
Nama Kegiatan :
“SEMINAR EVALUASI DAN PENYEMPURNAAN KURIKULUM FAKULTAS ILMU BUDAYA-ADAB IAIN IMAM BONJOL PADANG”
Tujuan dan Sasaran
Seminar ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifitas Kurikulum Berbasis Kompetensi 2003/2004 serta pengembangan instruksionalnya dalam meng-hasilkan lulusan sesuai dengan tujuan kompetensi. Dengan demikian diharapkan akan terhimpun masukan-masukan bagi penyempurnaan lebih jauh terhadap KBK dan GBPP mata-mata kuliah tersebut.
Sasaran yang ingin dijangkau dengan pelaksanaan workshop ini adalah teru-muskannya suatu kurikulum yang efektif serta memenuhi tuntutan perkem-bangan ilmu pengetahuan dan dunia kerja dengan Garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) yang proporsional dan sinergik untuk pencapaian tujuan pembelajaran di setiap bidang studi pada Fakultas Ilmu Budaya-Adab
Peserta :
Seminar ini akan diikuti oleh 75 (tujuh puluh lima) orang yang terdiri dari dosen pengampu mata kuliah pada setiap jurusan, dan pakar pada disiplin ilmu yang terkait serta para stake holder sebagai nara sumber dan peserta undangan.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan :
Seminar ini akan dilaksanakan pada fakultas Ilmu Budaya (Adab) IAIN Imam Bonjol Padang selama 3 (tiga) hari, yaitu dari tanggal 8 s/d. 10 Agustus 2007, mulai jam 08.00 – 16.00 WIB.
Tema dan Sub Tema Seminar
I. Tinjauan Substansi dan Sekuensi Pembelajaran Bidang Keilmuan Budaya dan Efektifitasnya dalam Menghasilkan Ilmuan Budaya
Tema ini dapat dikembangkan melalui beberapa sub tema yang meliputi :
1. Aspek Muatan MKU dan MKD
2. Aspek Perimbangan Muatan Metodologis dan Obyek Kajian
3. Aspek Capaian Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
II. Tinjauan Substansi dan Sekuensi Pembelajaran Sub-bidang Keilmuan Bahasa dan Sastra dan Efektifitasnya dalam menghasilkan Ilmuan Bahasa dan Sastra
Tema ini dapat dikembangkan melalui beberapa sub tema yang meliputi :
1. Aspek substansi dan sekuensi pembelajaran Bahasa dan Sastra :
a. Bahasa dan Sastra Arab
b. Bahasa dan Sastra Inggris
2. Aspek perimbangan muatan metodologi dan obyek kajian
3. Aspek capaian kognitif, afektif dan psikomotorik
III. Substansi dan Sekuensi Pembelajaran Sub-bidang Sejarah dan Kebudayaan Islam dan Efektifitasnya dalam Menghasilkan Ilmuan Sejarah dan Kebu-dayaan Islam
Tema ini dapat dikembangkan melalui beberapa sub tema yang meliputi :
1. Aspek substansi dan sekuensi pembelajaran
2. Aspek perimbangan muatan metodologi dan obyek kajian
3. Aspek capaian kognitif, afektif dan psikomotorik
IV. Substansi dan Sekuensi Pembelajaran Sub-bidang Perpustakaan dan Kearsipan dan Efektifitasnya dalam Menghasilkan Pustakawan dan Arsiparis
Tema ini dapat dikembangkan melalui beberapa sub tema yang meliputi :
1. Aspek substansi dan sekuensi pembelajaran
2. Aspek capaian kognitif, afektif dan psikomotorik
Semua tema dan sub tema dikaitkan dengan upaya integrasi keislaman dan keilmuan dalam setiap analisis dan evaluasinya, sehingga masukan-masukan yang diberikan dapat diorientasikan bagi penguatan keilmuan budaya dalam perspektif Islam sebagai yang menjadi tujuan kurikuler spesifik Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN Imam Bonjol Padang serta relevan dengan kondisi obyektif masyarakat dan dunia kerja dewasa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar