Senin, 19 Januari 2009

Workshop Multimedia Dosen FIB-A 2008

Dasar Pemikiran
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi pada dasawarsa terakhir telah menawarkan efesiensi dan efektifitas dalam berbagai lapangan, terutama dalam lapangan pendidikan. Teknologi informasi telah memberi kemudahan dalam mengemas dan menyajikan materi ajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dalam waktu yang relatif pendek dengan bobot substansi yang lebih maksimal.
Namun, perkembangan ini sering tidak sejalan dengan perkembangan kemampuan sumber daya manusia yang menggunakannya. Percepatan perkembangan teknologi informasi terkadang dilihat hanya dari dampak yang ditimbulkannya terhadap tatanan nilai yang ada. Hal ini jelas merupakan persepsi yang keliru. Teknologi seyogianya semakin memberi kemudahan dalam banyak hal, bukan sebaliknya merusak tatanan yang sudah mapan. Hal ini tentu tergantung dari cara bagaimana kita memanfaatkannya.
Salah satu kenyataan yang sukar dipungkiri terutama di kalangan tenaga pengajar di perguruan tinggi Islam ialah kurangnya antusiasme dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, bahkan ada diantaranya yang risih dengan perkembangan itu. Hal ini antara lain disebabkan oleh lemahnya pemahaman tentang manfaat teknologi itu sendiri.
Untuk memberikan motivasi dosen dan pembekalan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan proses pembelajaran pada fakultas Ilmu Budaya (Adab) perlu dilaksanakan melalui suatu workshop.
Nama Kegiatan :
“WORKSHOP PEMANFAATAN MULTI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI DOSEN FAKULTAS ILMU BUDAYA (ADAB) IAIN IMAM BONJOL PADANG”
Tujuan :
Workshop ini bertujuan untuk :
a. untuk memberikan pembekalan kemampuan dosen dalam mengaplikasi-kan multi media dalam pelaksanaan tugas pembelajaran,
b. untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang diselenggarakan dalam rangka menghasilkan lulusan yang memenuhi syarat kompetensi.
Target yang ingin dicapai :
Sesuai dengan tujuan workshop ini, maka target pelaksanaannya adalah :
a. setiap dosen dapat menggunakan teknologi multi media dalam melaksanakan tugas pembelajaran.
b. setiap mata kuliah dapat disajikan secara efektif dan efesien melalui teknologi informasi mutakhir.
Peserta :
Workshop ini akan diikuti sekitar 60 (enam puluh) orang peserta, yang terdiri dari dosen penanggung jawab/pengasuh matakuliah setiap bidang studi, dosen-dosen yunior, dan dosen-dosen luar biasa.
Materi :
1. Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran di Perguruan Tinggi
2. Paradigma KBK dan Implementasi Teknologi Informasi Multi Media.
3. Aplikasi-Aplikasi Multi Media untuk Proses Pembelajaran
Narasumber/Fasilitator :
Narasumber dalam workshop ini terdiri dari pakar teknologi informasi dan multi media.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan :
Workshop ini akan dilaksanakan pada Fakultas Ilmu Budaya (Adab) IAIN Imam Bonjol Padang selama 3 (tiga) hari pada tanggal 11 s/d 13 Agustus 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar